Yuk, Ikut Aksi Dandim 0508 Depok Bersih-bersih Situ Bojongsari

Kondisi Situ Bojongsari

Pancoran Mas, suaradepok.com – Komandan Kodim 0508 Depok, Letkol Inf R. M. Iskandarmanto mengajak elemen masyarakat Kota Depok untuk bersama-sama melakukan aksi bersih di Situ Bojongsari, Sawangan.

Rencananya, aksi yang melibatkan masyarakat dari berbagai elemen tersebut akan dilaksanakan pada Minggu, 1 April 2018 mendatang.

“Selain bersih-bersih enceng gondok dan rumput ilalang, rencananya kita juga akan melalukan penanaman 100 pohon buah di sekitar Situ” ujar Dandim, Rabu (28/3/2018).

Lebih jauh dikatakan Dandim, kegiatan karya bhakti TNI tersebut akan diikuti oleh Rt / Rw setempat, Pemuda lingkungan, Karang Taruna, Komunitas Situ, Tagana, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

Warga Mengeluh

Ajakan Dandim 0508 Depok itu merupakan respon atas pemberitaan di sejumlah media, beberapa hari lalu.

Dalam pemberitaan itu, masyarakat mengeluhkan minimnya perhatian dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terhadap keberadaan Situ, khususnya Situ Bojongsari.

Seperti dikutip dari poskotanews.com, warga menuding Pemkot Depok cuek dengan banyaknya enceng gondok yang memenuhi Situ Bojongsari, Sawangan.

Menurut warga, saat ini kondisi Situ seluas 24 hektar itu sangat memprihatinkan. Bahkan bisa dibilang minim perhatian dari Pemerintah.

“Kalau dibiarkan, Situ Bojongsari bakal tertutup eceng gondok dan merusak ekosistem yang ada di lingkungan sekitar,” kata Ny. Maimunah, warga Bojongsari, Minggu (25/3).

Senada dengan itu, Daud, Kelompok Sadar Wisata Situ Bojongsari berharap agar Pemkot Depok segera menggangkat eceng gondok yang sudah hampir menutupi permukaan Situ.

Menurut Daud, selain mengganggu ekosistem, Enceng gondok itu juga merusak pemandangan sekitar Situ.

“Seharusnya ada pengawasan dan pemantauan lokasi resapan air jangan sampai seperti ini,” katanya.

Penulis : Ferry Sinaga