JAYAPURA, depok24.com Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif PR 328/Dirgahayu Kostrad berhasil menggagalkan peredaran Minuman Keras (Miras) di Jalan Raya Arso-Koya, Minggu (25/11/2018).

Selain itu, tim Satgas Pos Skamto yang dipimpin Lettu Inf Ferly Afrizal Habibie juga berhasil mengamankan sebuah tas noken bercorak Bintang Kejora di Kp. Yuwong, Distrik Arso Barat Kabupaten Keerom, Papua pada Senin (26/11/2018) malam.

Berdasarkan informasi yang didapat depok24.com, penemuan Miras tersebut bermula saat pelaksanaan sweeping yang dilakukan tim Satgas Pos Skamto pimpinan Lettu Inf Ferly Afrizal Habibie.

Sekira pada pukul 20.00 WIT, 13 personel anggota Satgas yang bertugas di Pos Skamto menghentikan sebuah sepeda motor Yamaha Jupiter Z tanpa plat nomor yang dikendarai oleh dua orang pemuda berinisial D (27 Th) dan C (28 Th) warga Arso 2.

Barang bukti yang berhasil diamankan Tim Satgas Pamtas

Keduanya melaju menggunakan sepeda motor dari arah Abepura menuju Keerom dengan membawa satu tas dan dua buah kardus yang mencurigakan.

“Melihat adanya sweeping, keduanya sempat ingin melarikan diri, namun berhasil dikejar oleh Provost a.n. Praka Zulfikro”, ujar Lettu Inf Ferly Afrizal Habibie.

Setelah diadakan penggeledahan, lanjut Lettu Ferly, didapati dua kardus berisi puluhan Minuman Keras dengan Merk bervariasi dan satu buah Tas Noken bercorak Bintang Kejora.

Barang bukti miras yang berhasil diamankan

Satgas Yonif Para Raider 328/Dgh Kostrad kemudian mengamankan dan menyerahkan kedua tersangka dan barang bukti yang di dapat, ke Polres Keerom untuk diproses lebih lanjut.

Lettu Ferly menjelaskan bahwa pelaksanaan sweeping yang dilakukan jajarannya adalah untuk menciptakan suasana yang kondusif serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat di wilayah perbatasan.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat mengurangi dan menekan terjadinya tindak kriminalitas yang kerap terjadi di wilayah perbatasan. Selain itu, kegiatan yang dilakukan tentunya untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat,” pungkas Lettu Ferly.

Penulis : Ghesa / PR
Editor : Ferry Sinaga