Pemprov Jabar Siapkan Rp 30 Miliar untuk Revitalisasi Situ Rawa Kalong, Ini Bocorannya

Cimanggis, suaradepok.comPemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) akan segera mewujudkan rencana revitalisasi Setu Rawa Kalong Depok tahun 2019 mendatang.

Tak tanggung-tanggung, untuk merevitalisasi situ seluas 8,5 hektar yang berlokasi di Jalan Rawa Kalong Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Depok, Jawa Barat ini, Pemprov Jabar infonya akan merogoh kocek sebesar Rp 30 miliar dari dana APBD Provinsi.

Dana sebesar itu akan digunakan untuk mempercantik dan menjadikan kawasan setu Rawa Kalong sebagai salah satu Destinasi Wisata di Jawa Barat.

“Infonya, saat ini tim dari Provinsi Jabar sedang melakukan penyesuaian gambar desain karena saat kunjungan belum lama ini, ada masukan dari warga dan beberapa pihak, sehingga perlu adanya sedikit perubahan desain”, ujar Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Situ Rawa Kalong, Muhammad Nurdin, Selasa (25/12/2018) malam.

Lebih jauh Nurdin mengatakan bahwa anggaran untuk merevitalisasi Situ Rawa Kalong pada tahun 2019 mendatang, jumlahnya mencapai Rp 30 miliar.

Terjadi sedikit perubahan gambar desain kegiatan setelah adanya masukan dari warga

Menurutnya, jumlah itu sesuai dengan pagu dana di APBD Provinsi Jabar yang sudah dialokasikan.

“Untuk perubahan gambar mudah-mudahan selesai pada Februari 2019. Dan untuk anggarannya, sesuai dengan pagu di APBD yang infonya mencapai Rp 30 miliar”, lanjut Nurdin mengungkapkan.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Jaringan Berita Kota Depok (JBKD Grup), pada tahun 2019 mendatang, akan ada dua tahap pengerjaan proyek revitalisasi Situ Rawa Kalong, yakni dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Tahap pertama akan dilakukan pada Januari 2019, yakni penuraban bibir Situ sebelah Barat sepanjang 1000 meter dan pemasangan Paving Block di areal Situ.

Ketua Pokdarwis Situ Rawa Kalong, Muhammad Nurdin (Kaos Merah) saat berdiskusi dengan tim percepatan proyek revitalisasi

Pekerjaan itu akan dilaksanakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) dengan menggunakan dana APBN.

Dan untuk tahap kedua, akan dilaksanakan revitalisasi (besar, red) dengan menggunakan dana APBD Provinsi Jawa Barat.

“Mudah-mudahan pada Maret 2019, Detail Engineering Design (DED)-nya selesai sehingga proses lelang proyek dapat digelar pada Mei 2019. Jika semuanya berjalan lancar, revitalisasi Situ Rawa Kalong akan selesai pada November 2019 mendatang sesuai rencana”, pungkas Nurdin.

Sebagai informasi, luas lahan Situ Rawa Kalong awalnya mencapai 11 hektar, namun saat ini, luas lahan yang tersisa hanya tinggal 8,5 hektar saja. (Fer)