Miris, Rumah Tidak Layak Huni Ini “Lolos” dari Perhatian Pemkot Depok

Kondisi Rumah Tidak Layak Huni di RT 2 RW 2 Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Depok

Sawangan, suaradepok.com – Minggu (25/2/2018), berbagai grup komunitas di Kota Depok tiba-tiba ramai dengan informasi terkait keberadaan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kelurahan Sawangan Baru yang belum tersentuh oleh Pemerintah Kota Depok.

Rumah seluas 30 meter persegi di RT 2 RW 2 Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan Depok yang itu kabarnya ditempati oleh dua orang janda dengan 5 orang anaknya yang masih bersekolah.

Rumah yang ditempati keluarga Jumsiyah dan Nur, dua orang janda yang menghidupi ke lima orang anaknya itu mendadak ramai setelah masyarakat tau kondisi rumah sangat memprihatinkan dan bangunannya hampir ambruk.

Salah seorang aktivis pergerakan di Kota Depok, Herry Prasetyo membenarkan informasi tersebut. Hersong, sapaan akrab Herry Prasetyo mengatakan bahwa lokasi RTLH yang sedang ramai dibicarakan itu tidak jauh dari tempat tinggalnya.

“Lokasinya dibelakang rumah. Takutnya tidak lama lagi rumah itu akan ambruk karena kondisinya sudah sangat memprihatinkan”, ujar Herry.

Sementara itu, Komandan Kodim 0508 Depok, Letkol Inf Iskandarmanto yang mendapati informasi terkait keberadaan Rumah Tidak Layak Huni di wilayah Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan Depok langsung memberikan respon.

Orang nomor satu di jajaran Kodim Depok ini pun berjanji akan segera mendatangi rumah yang ramai diperbincangkan itu.

“Insya Allah besok saya akan datang ke lokasi setelah selesai acara di Bojonggede. Danramil setempat akan datang duluan ke lokasi. Ini informasi yang sangat bagus. Kita harus segera membantu masyarakat yang sedang membutuhkan”, tegas Dandim.

Sementara itu, setelah informasi terkait keberadaan Rumah Tidak Layak Huni yang “lolos” dari perhatian Pemerintah Kota Depok ramai di posting di jejaring sosial, Kepala Kelurahan (Lurah) Sawangan Baru kabarnya juga akan mendatangi lokasi. (fer)

Kondisi yang terlihat di dalam rumah