Ngaku Sespri Kapolri, Pria Ini Tipu Pengusaha Rp 1 Miliar

Foto : Ilustrasi

Jakarta, suaradepok.com – Rahmat Hidayat (33), salah seorang pria yang diketahui beralamat di Bojongsari, Depok, Jawa Barat ditangkap jajaran Subdit Resmob Polda Metro Jaya.

Rahmat diduga melakukan penipuan dan penggelapan dengan mengaku sebagai Sekretaris Pribadi (Sespri) Kapolri, Jenderal Tito Karnavian.

Kepada korbannya (ER), Rahmat mengaku bisa membantu segala urusan bisnisnya.

Rahmat mengiming-imingi bisa membantu bisnis korbannya tersebut dengan bantuan dari para petinggi Polri.

Kanit I Resmob Polda Metro Jaya, Kompol Malvino Edward membenarkan ihwal penangkapan terhadap pelaku.

Dikatakan Kompol Malvino, penangkapan terhadap Rahmat dilakukan jajarannya pada Rabu (15/8/2018).

“Iya benar. Selain mengaku sebagai Sespri Kapolri, Rahmat juga mengaku bisa mempertemukan korban dengan para petinggi Polri. Tujuannya agar usaha atau bisnis si korban bisa berjalan lancar,” kata Malvino, Senin (24/9/2018).

Untuk mahar pertemuan dengan para petinggi Polri tersebut, Rahmat meminta uang kepada korban (ER) sebesar Rp 1 miliar.

“Karena merasa percaya, korban memberikan cek secara bertahap sebanyak tiga lembar dengan total Rp 1 miliar,” ungkap Kompol Malvino.

Dalam penangkapan terhadap pelaku, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 unit handphone (HP) merek Nokia android, 1 HP merek Nokia warna hitam, 1 buah dompet warna hitam, 1 buah ATM Mandiri, 1 buah Paspor BCA, 1 buah SIM C dan 1 unit laptop merek ACER.

“Pelaku kita jerat pasal penipuan dan atau penggelapan pasal 378 KUHP dan atau 372 KUHP dengan ancaman di atas lima tahun penjara. Untuk informasi lengkapnya, nanti kita rillis ya,” pungkas Kompol Malvino.