Lagi, Pemkot Depok Musnahkan 10.108 Botol Miras

Pemusnahan 10.108 botol miras di halaman Balaikota Depok, Senin (20/8/2018).

Balaikota, suaradepok.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok kembali memusnahkan barang bukti ribuan botol minuman keras (miras) di halaman Balaikota Depok, Senin (20/08/2018).

Jika sebelumnya Pemkot Depok telah menghancurkan 3.101 botol miras (jelang bulan Suci Ramadhan 1439 Hijriyah), kali ini Pemkot kembali menghancurkan sebanyak 10.108 botol minuman beralkohol berbagai jenis dan 40 kantong Ciu.

Dari pantauan wartawan, sebelum dihancurkan menggunakan mesin giling, pemusnahan dilakukan secara simbolos oleh Asisten Hukum dan sosial, Sri Utomo, perwakilan Polres, Kodim Depok, Subgarnisun, Kasatpol PP Yayan Ariyanto, MUI, Kadis Damkar, Sub Denpom, para Camat dan sejumlah Ormas.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok, Yayan Arianto menjelaskan, ribuan botol minuman beralkohol tersebut merupakan hasil penertiban dan operasi Satpol PP periode Mei hingga Agustus 2018.

“Miras berbagai jenis yang dimusnahkan ini memiliki kadar alkohol 4 sampai 45 persen. Dari 10.108 botol mikol tersebut, sebanyak 8569 botol merupakan hasil penertiban Satpol PP dan sisanya hasil pelimpahan dari seluruh Polsek di jajaran Polresta Depok. Kalau dinilai dengan uang, nilainya sekitar Rp 252 juta,” ungkap Yayan.

Senada dengan itu, Asisten Hukum dan Sosial Sekretariat Daerah Kota Depok, Sri Utomo mengatakan, penertiban dan pemusnahan minuman beralkohol ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan secara bersama antara Pemkot Depok, Polresta Depok dan Kodim 0508 Depok.

“Keberadaan minuman beralkohol merupakan beban moral kita semua. Bukan jumlah yang banyak jadi prestasi, tetapi ini menjadi pemikiran bersama karena dengan adanya minuman beralkohol berakibat pada terganggunya ketertiban dan keamanan lingkungan kita,” ujar Sri Utomo.