Besok Satpol PP Klarifikasi Ijin Bangunan Pabrik di Mekarsari

Hengki (kiri), perwakilan yang juga orang tua dari pemilik pabrik makanan olahan siap saji di Mekarsari saat didatangi petugas Satpol PP dan Kepolisian

Cimanggis, suaradepok.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok bakal mengklarifikasi ijin bangunan yang dimiliki pabrik makanan olahan yang berada di Jalan Mekarsari Raya RT 009 RW 012 Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, Depok.

Hal itu diketahui berdasarkan surat dengan No. 005/489-Trantib, tertanggal 15 Maret 2018, yang ditujukan kepada pemilik perusahaan CV Selera Prima.

Dari surat itu diketahui bahwa pemilik pabrik diminta untuk mengklarifikasi dan menunjukkan bukti-bukti kepemilikan ijin usahanya pada hari Rabu (21/3/2018), pukul 10.00 wib di Kantor Satpol PP Kota Depok.

“Iya, besok pemilik pabrik diminta untuk hadir ke kantor. Ketua Tim Klarifikasinya Pak  Suhendra”, ungkap Kasi Tranmastibum Dalops Satpol PP, R. Agus Muhammad melalui telepon selulernya, Selasa (20/3/2018)

Upaya pemanggilan itu dilakukan setelah ramai pemberitaan di media terkait dugaan bahwa pabrik yang beroperasi di tengah pemukiman warga tersebut membuang limbah hasil produksinya ke sungai Kali Baru.

Baca Juga : Pabrik Makanan Olahan Berkedok Home Industri Buang Limbah ke Sungai

Selain itu, pabrik makanan olahan siap saji yang sudah beroperasi selama bertahun-tahun itu juga tidak dapat menunjukkan perijinan lengkapnya saat disidak oleh petugas dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Depok, beberapa waktu lalu.

“Mereka belum bisa menunjukan perijinan resmi terkait legalitas usaha produksinya”, ungkap Kepala Bidang Pengawasan dan Pengaduan DPMPTSP Kota Depok, Ahmad Oting, Jumat (16/3/2018).

Baca Juga : Legalitas Usahanya Disoal, Bos Pabrik di Mekarsari Sebut Nama Wartawan

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Pabrik milik Adi Kuswadi Wijaya itu memproduksi berbagai jenis makanan siap saji seperti Bakso Sapi, Bakso Ikan, Nuget, Otak-otak dan Mie dengan Merk “CM Super Polos” yang diproduksi PT. Selera Prima Food.

Baca Juga : Gara-gara Ini, Pabrik Makanan Siap Saji di Mekarsari “Dibidik”

“Perwakilan dari pemilik pabrik juga mengaku sudah memiliki Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan Tanda Daftar Industri (TDI). Namun saat diminta untuk menunjukkan bukti fisik kepemilikan ijinnya, pihak perusahaan tidak dapat menunjukkannya”, ungkap Oting.

Baca Juga : Pabrik Makanan Olahan Siap Saji Disidak, Ini Hasilnya

 

Penulis : Ferry Sinaga