Dua Hari Operasi Senyap, Satpol PP Depok Amankan 3.834 Miras Ilegal

Balaikota, suaradepok.com – Satpol PP Kota Depok kembali mengamankan ribuan botol minuman keras (miras) tanpa izin senilai Rp 196.700 juta.

Keberhasilan itu berkat pelaksanaan operasi senyap yang dilakukan selama dua hari, yakni pada Senin (17/9/2018) dan Selasa (18/9/2018).

Kepala Satpol PP Kota Depok, Yayan Arianto mengatakan, ribuan botol miras itu berhasil disita petugas dari wilayah Kecamatan Sukmajaya, Kecamatan Cimanggis, dan Kecamatan Pancoran Mas.

“Total operasi senyap selama dua hari, petugas berhasil mengamankan sebanyak 3.834 botol miras ilegal. Jika rata-rata harga perbotolnya Rp 50 ribu, maka total nilai miras yang berhasil disita ini sebesar Rp 191.700 juta,” ujar Yayan, Selasa (18/9/2018).

Hasil operasi senyap melonjak cepat saat anggota Satpol PP Kota Depok mengamankan dua mobil boks di wilayah Kelurahan Cisalak Pasar, Cimanggis siang tadi.

Dua mobil boks itu kedapatan mengangkut ribuan botol miras beragam jenis merek miras dan kadar alkohol siap jual.

Sebelum diamankan, personel Satpol PP Kota Depok terlebih dulu memantau toko kelontong yang diduga menjual miras.

“Untuk dua mobil boks hari ini hasil pantauan anggota di lapangan. Diamankan saat ribuan botol miras itu mau diturunkan ke toko. Sebelumnya toko ini memang sudah diawasi,” ujarnya.

Yayan menjelaskan, pemilik warung yang sudah didata itu melanggar Perda Depok No 6 Tahun 2008 tentang Pengawasan dan Pengendalian Minuman Beralkohol.

Mereka terbukti melakukan tindak pidana ringan dengan hukuman denda maksimal Rp 50 Juta dan hukuman kurungan maksimal tiga bulan penjara.

Untuk sementara, ribuan miras ilegal itu diamankan di kantor Satpol PP yang berada di lingkungan Balai Kota Depok.

Nantinya ribuan miras tersebut akan dimusnahkan oleh alat berat bersama dengan hasil razia miras dari Kodim 0508 dan Polresta Depok.

“Untuk sementara dibawa dan diamankan ke kantor, nantinya akan dimusnahkan dengan alat berat seperti yang pernah dilakukan bulan lalu,” katanya.