Balita

Balaikota, suaradepok.com – Pemerintah Kota Depok telah menyiapkan tempat untuk Pusat Pemulihan Gizi (PPG) bagi balita tumbuh kejar. Setidaknya, saat ini sudah ada lima puskesmas di Kota Depok yang memberikan pelayanan dengan sistem rawat jalan.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, May Haryanti mengatakan, layanan PPG terdapat di Puskesmas Cimanggis, Puskesmas Bojongsari, Puskesmas Sawangan, Puskesmas Tapos, dan Puskesmas Pancoran Mas.

“Saat ini ada di lima puskesmas karena sudah memiliki tim kesehatan yang terlatih,” katanya.

Dalam pelayanan tersebut, lanjut May, balita tumbuh kejar diberikan susu tambahan serta makanan tambahan yang memiliki kandungan lebih. Tentu upaya ini untuk meningkatkan status gizi balita tersebut.

Dikatakan May, jika ditemukan balita tumbuh kejar yang disebabkan oleh suatu penyakit, puskesmas setempat akan memberikan rujukan. Selanjutnya, apabila penyakit tersebut berangsur pulih, balita tumbuh kejar akan mendapatkan perawatan khusus untuk meningkatkan status gizi.

May berpesan, masyarakat yang memiliki balita dengan status gizi kurang dapat segera melaporkan hal tersebut ke puskesmas setempat.

Dengan begitu, balita yang mengalami status gizi kurang tersebut akan segera mendapatkan perawatan khusus sehingga pertumbuhannya dapat optimal.

“Jangan segan untuk datang ke puskesmas, karena perawatan ini gratis dan akan didampingi hingga balita mengalami status gizi baik,” pungkasnya.

 

(S1/fer)