Pabrik Makanan Olahan Siap Saji Disidak, Ini Hasilnya

Lokasi pabrik yang tidak memasang plang nama perusahaan

Cimanggis, suaradepok.com – Pabrik makanan olahan siap saji di Jalan Mekarsari Raya RT 009 RW 012 Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, Depok tak dapat menunjukkan perijinan lengkap saat disidak petugas dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Depok.

“Mereka belum bisa menunjukan perijinan resmi terkait legalitas usaha produksinya”, ungkap Kepala Bidang Pengawasan dan Pengaduan DPMPTSP Kota Depok, Ahmad Oting, Jumat (16/3/2018).

Baca Juga : Pabrik Makanan Olahan Berkedok Home Industri Buang Limbah ke Sungai

Tak hanya itu. Jika dilihat dari kondisi bangunan, lanjut Oting, pabrik tersebut jelas-jelas berada di kawasan pemukiman (perumahan, red). Jadi usaha (pabrik) itu tidak diperbolehkan.

Oting juga mengungkapkan bahwa Pabrik milik Adi Kuswadi Wijaya yang memproduksi berbagai jenis makanan siap saji seperti Bakso Sapi, Bakso Ikan, Nuget, Otak-otak dan Mie dengan Merk “CM Super Polos” yang diproduksi PT. Selera Prima Food tersebut mengaku sudah memiliki Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan Tanda Daftar Industri (TDI).

“Pabrik itu baru memiliki SIUP, TDP, TDI. Namun kemungkinan IMB tempat itu untuk rumah tinggal. Seharusnya IMB nya untuk Industri,” pungkas Oting.

Baca Juga : Legalitas Usahanya Disoal, Bos Pabrik di Mekarsari Sebut Nama Wartawan

Setelah melakukan sidak dan mendapatkan data-data sementara, DPMPTSP akan segera berkoordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk memanggil pemilik pabrik.

 

Penulis : Ferry Sinaga