Ungguli Perolehan Medali Tim Kopassus, Divisi Infanteri 1 Kostrad Juara Umum

Pengalungan medali kepada para peserta lomba

Cilodong, suaradepok.com – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Mulyono menutup pelaksanaan kejuaraan tembak piala Kasad Tahun 2018 dilapangan Tembak Divisi Infanteri I Kostrad Cilodong, Depok, Senin (13/8/2018).

Kejuaraan bergengsi di lingkup TNI Angkatan Darat itu dilaksanakan selama satu minggu, terhitung sejak Senin (6/8/2018) dan diikuti oleh 472 atlet dan 190 ofisial.

Hasilnya, tim tembak Divisi Infantri 1 Kostrad berhasil menggeser juara bertahan tiga kali berturut-turut, yakni tim petembak dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dengan menyabet 5 trophy dengan perolehan 8 medali emas, 2 medali perak dan 5 medali perunggu.

Sementara tim petembak Kopassus harus puas berada di posisi kedua dengan perolehan 5 medali emas, 3 medali perak dan 4 medali perunggu.

“Kejuaraan rutin tahunan ini merupakan bagian dari evaluasi hasil pembinaan latihan prajurit dan satuan jajaran TNI AD, khususnya di bidang menembak. Kemampuan itu wajib dilatihkan sampai mahir dalam rangka memenuhi tantangan tugas TNI AD  kedepan yang semakin kompleks”, tegas Jenderal TNI Mulyono usai melakukan penutupan.

Pada lomba tembak piala Kasad 2018, terdapat lima materi lomba yang dipertandingkan, yakni materi tembak senapan, tembak pistol, tembak senapan otomatis dan karaben serta menembak runduk (bakduk).

Kejuaraan kali ini diikuti oleh 19 satuan tingkat Kotama, yaitu Divisi 1, 2 dan 3 Kostrad, Kopassus serta perwakilan dari seluruh komando kewilayahan tingkat Kodam yang ada di seluruh Indonesia dengan menurunkan para petembak yang tentunya telah melalui proses seleksi yang sangat kompetitif di satuan masing-masing.

Peserta lomba berjumlah 190 ofisial dan 472 atlet dengan rincian 95 orang peserta di kelas pistol Perwira Kotama, 95 orang senapan, 57 orang pistol putra, 54 orang pistol putri, 57 orang tembak pistol karaben, dan 76 orang peserta di kelas tembak senapan otomatis, 38 orang di tembak runduk.

Sebagai informasi, pada tahun 2017 lalu Kopassus menjadi juara umum kejuaraan Piala Kasad dengan memboyong 7 trophy dari 15 trophy yang diperebutkan, dan memperoleh medali sebanyak 7 emas, 3 perak dan 3 perunggu.

 

Berikut Data Klasemen Akhir Lomba Tembak Piala Kasad Tahun 2018 :

Daftar Perolehan Medali Piala Kasad 2018