Anggota Kodim Depok mengunjungi rumah warga di Rw 10, Kelurahan Cipayung Jaya, Kecamatan Cipayung, Depok, yang akan dijadikan tempat tinggal bersama anggota TNI Satgas TMMD ke 103 di Depok. (Foto : Budi Sam Law Malau)

Cipayung, suaradepok.com – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 tahun 2018 akan segera dilaksanakan pada 15 Oktober 2018 mendatang.

Dalam kegiatan tersebut, Kodim 0508/Depok memfokuskan kegiatan di Kelurahan Cipayung Jaya, Kecamatan Cipayung, Depok.

“Ada dua agenda kegiatan yang menjadi fokus pada pelaksanaan TMMD tahun 2018 ini. Untuk sasaran kegiatan fisik, kami akan melakukan pengerasan jalan sepanjang 190 meter dan lebar 3 meter di Perumahan Lembah Griya Indah RT 1, RW 9 Kelurahan Cipayung. Selain itu, kami juga akan melakukan pengerukan tanah sepanjang 150 m di badan Sungai Kalibaru RT 1, RW 10, Kelurahan Cipayung Jaya,” ujar Komandan Kodim (Dandim) 0508 Depok, Letkol Inf Iskandarmanto.

Sementara untuk kegiatan non fisik, lanjut Dandim, kita akan melakukan sejumlah penyuluhan dan pelatihan, mulai dari penanggulangan narkoba, kesehatan masyarakat, lalu lintas, wasbang, kenakalan remaja, kerukunan hidup antar umat beragama, pertanian dan perekonomian.

Kegiatan-kegiatan itu tentu melibatkan berbagai unsur seperti TNI, Polri, masyarakat dan dari Pemerintah Kota Depok.

“Kegiatan TMMD ke-103 didukung oleh Pemerintah Kota Depok dengan menggunakan dana alokasi APBD Tahun 2018. Untuk kegiatan fisik, masing-masing kegiatan sudah dianggarkan sebesar Rp 200 juta. Sementara untuk kegiatan non fisik, juga dibantu oleh tiga pilar yang ada di Kota Depok,” jelas Dandim, Kamis (11/10/18).

Untuk pelaksanaannya, lanjut Dandim, 400 personil yang turut membantu jalannya TMMD ke-103 ini akan bertugas selama satu bulan.

Untuk itu Dandim berharap dukungan dari masyarakat, karena dalam pelaksanaannya nanti, anggota TNI yang bertugas akan menetap di rumah warga yang berdekatan dengan lokasi pelaksanaan TMMD.

“Nantinya, anggota yang bertugas akan menginap di rumah warga. Dengan begitu, keberadaan anggota TNI dapat terus dirasakan oleh masyarakat dan tentunya kegiatan TMMD yang kita laksanakan ini dapat berhasil sesuai dengan rencana,” pungkas Dandim.

Sebagai informasi, kegiatan TMMD ke-103 tahun 2018 akan dilaksanakan selama 30 hari, terhitung mulai 15 Oktober hingga 15 November mendatang.

(S1/fer)