Uji coba smart card dalam pengujian kendaraan

CILODONG, suaradepok.com Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok terus berupaya untuk meningkatkan status pelayanannya, salah satunya dengan melengkapi fasilitas pengujian kendaraan.

“Saat ini Depok masih berstatus akreditasi B, untuk itu kita berupaya agar ditahun ini bisa naik menjadi akreditasi A,” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Depok, Dadang Wihana, Rabu (11/03/2020).

“Karena secara alat sudah bagus dan didampingi dengan sertifikat ISO 9001 : 2015 managemen resiko. Jadi ketika ditemui kekeliruan akan ada investigasi,” katanya menambahkan.

Ditambahkan dia, fasilitas yang baru adalah Smart Card atau Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUe), kartu itu sebagai pengganti buku KIR kendaraan roda empat.

“Peluncuran Smart Card ini sebagai inovasi dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat,” paparnya.

Dengan Smart Card, lanjut dia, dalam pengujian kendaraan, jika hasilnya dinyatakan tidak lulus maka akan dilakukan pengujian ulang. “Kita tidak bisa memanipulasi data karena data tersebut sudah terekam dalam sistem, termasuk foto kendaraan. Jadi kendaraan yang tidak lulus uji tidak mendapatkan kartu uji,” tuturnya.