Bedah Buku : Politik Islam, Ancaman dan Strategi Penanggulangan Terorisme

Jakarta, suaradepok.com – Menghadapi fenomena terjadinya Aksi Terorisme di dunia dan di tanah air, dan memicu banyaknya akses-akses yang ditimbulkan oleh aksi-aksi tersebut, ada banyak hal yang bisa disikapi, dan DR. Sri Yunanto membedahnya melalui 2 buah Buku Politik Islam, “Ancaman, dan Strategi Penanggulangan Terorisme” dan “Antara Moderasi dan Radikalisasi”.

Bagaimana isi kedua buku ini sesungguhnya? Sejauh mana perkembangan terorisme di dunia internasional dan pengaruhnya terhadap Indonesia serta ancaman apa yang kini tengah melanda masyarakat Indonesia dan dunia pada khususnya, serta erat kaitannya dengan ancaman politik Islam dalam Kaitannya dengan penanggulangan aksi-aksi terorisme di Indonesia.

Adalah IPSS ( institute for Peace and security studies ) yang melakukan seminar dan bedah buku dihadapan mahasiswa UI, Akademisi dari berbagai Universitas dan beberapa organisasi massa serta audiensi akademik lainnya.

“Persoalan teroris di Indonesia, masih ada, bahkan kemunculan nama-nama baru masih berkaitan dengan anggota teroris lama, bahkan warisan”, ujar Sri Yunanto saat bedah buku di Auditorium Juwono Sudarsono, Fakultas FISIP Universitas Indonesia di Depok, Selasa, (07/03/2017).

Dalam bukunya Sri Yunanto menyebutkan jika saat ini Indonesia masih masuk dalam kategori “warna kuning” yang artinya Indonesia masih berpotensi besar untuk melahirkan anggota-anggota teroris baru, walaupun pihak keamanan sudah dianggap sangat ketat dalam memerangi terorisme.

Hal tersebut tertuang dalam hasil survey yang dilakukan oleh Global Terorisme Index, dan sebagai wilayah kuning, Indonesia menduduki peringkat 33 dengan nilai skor 4.76, yang berada di bawah beberapa negara.

“Masih jauh lebih baik dibandingkan dengan Irak, Afghanistan dan Nigeria, namun tidak lebih buruk dibandingkan dengan Malaysia, Tunisi dan Ethiopia, yang memiliki skor 3,5 sampai dengan 3,6 dengan peringkat 47-50,” ujar Sri Yunanto.

Acara di Gedung Fisip UI ini mengangkat tema “Ancaman, dan Strategi Penanggulangan Terorisme” dan buku kedua bedah 2 (dua) buku karya Dr. Sri Yunanto bersama rekan-rekan yang berjudul ” Ancaman dan Strategi penanggulangan terorisme di dunia dan Indonesia” karya tulisan dibuku yg berjudul ” Politik Islam : Antara moderisasi dan Radikalisasi- sebuah pengembaraan Intelektual. Ringkasan Buku Ancaman dan strategi penanggulangan terorisme didunia dan Indonesia, ini mensurvei ancaman potensial dan rill terorisme di beberapa negara di seluruh Dunia dan Indonesia, serta menganalisa strategi negara-negara tersebut dalam hal penanggulannya.

Namun begitu, Buku ini bukan hanya membahas masalahnya tetapi menyajikan solusi, dan tidak sekedar membahas penyakitnya tetapi juga obatnya. (GT)

Recent Posts

Liburan Seru ke Waterboom Lippo Cikarang, Waterboom Bernuansa Bali yang Bikin Betah

Waterboom Lippo Cikarang merupakan destinasi wisata keluarga favorit di kawasan Bekasi. Wahana permainan air beragam dengan harga tiket terjangkau menjadi alasan…

4 minggu ago

PDAM Kota Depok Kasih Diskon 50% untuk Pemasangan Baru

Sukmajaya, suaradepok.com - PDAM Tirta Asasta Kota Depok kembali memberikan diskon 50 persen kepada masyarakat Kota Depok yang ingin menjadi…

1 bulan ago

Kota Depok Siap Cetak e-KTP secara Massal, Ini Jadwalnya

BALAIKOTA, SUARADEPOK.com - Kabar gembira bagi masyarakat Kota Depok yang hingga saat ini belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik…

3 bulan ago

Soal Kasus Korupsi Jalan Nangka, Nama Kadis PUPR Depok Disebut-sebut

MARGONDA, SUARADEPOK.com - Nama Kepala Dinas Pekerjaan dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, Manto Djorghi mulai disebut-sebut dalam pengungkapan kasus…

3 bulan ago

Kumpulan Restoran Legendaris di Jakarta

Tempat makan di Jakarta tentunya sangat banyak, mulai dari makanan lokal hingga makanan internasional. Harga yang dipatok juga beragam dimana…

4 bulan ago

Pemprov Jabar Siapkan Rp 30 Miliar untuk Revitalisasi Situ Rawa Kalong, Ini Bocorannya

Cimanggis, suaradepok.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) akan segera mewujudkan rencana revitalisasi Setu Rawa Kalong Depok tahun 2019…

4 bulan ago