MARGONDA, suaradepok.com – Guna menjaga kondusifitas pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 23 September mendatang, Pemkot Depok membentuk perlindungan masyarakat (Linmas).
“Linmas ini diperbantukan untuk menjaga keamanan disetiap titik wilayah bersama anggota TNI dan Polri,” ujar Walikota Depok, M Idris, usai melantik  630 anggota Linmas di Hotel Bumi Wiyata Kota Depok, Selasa (04/02/2020).
Nantinya, lanjut dia, setiap kelurahan akan diterjunkan 10 personel. “Saya berharap anggota Linmas tersebut mampu membantu TNI dan Polri untuk menjaga kondusifitas pelaksanaan Pilkada di wilayahnya masing-masing,” paparnya.
Untuk pengendaliannya, sambung dia, Linmas di bawah naungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok. Hal ini sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Satuan Perlindungan Masyarakat.
“Kalau dulu (sebelumnya) di Kesbangpol namanya Linmas. Ketika peralihan ke Satpol PP berganti nama Satlinmas. Ini diperlukan adaptasi, sehingga kinerja Salinmas nantinya jelas dan terukur,” terangnya.
Ditambahkannya, para anggota Linmas merupaka anggota kelompok sadar keamanan dan ketertiban masyarakat (Pokdar Kamtibmas) dari 63 kelurahan. (YUD)