Lapak PKL dan Bangli Sejajar Rel Beji Dibongkar Satpol PP

Kepala Satpol PP Depok Yayan Arianto

Beji, suaradepok.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok membongkar lapak pedagang kaki lima (PKL) dan bangunan liar (bangli) di Jalan Sejajar Rel di Kemiri Muka, Beji Depok, Rabu (3/10/2018).

Kepala Satpol PP Depok Yayan Arianto menegaskan bahwa pembongkaran itu dilakukan karena lapak PKL dan bangli  berdiri di atas pedestrian. Bahkan sebagian pedagang ada yang sampai menutup sebagian badan jalan.

Dikatakan Yayan, sejak Agustus sampai awal September 2018, pihaknya (Satpol PP) sudah 3 kali melayangkan surat teguran kepada PKL dan pemilik bangli di Kemiri Muka tersebut. Namun surat teguran itu diabaikan oleh pedagang dan pemilik bangli.

“Kami sudah melayangkan surat perintah bongkar ke mereka (pekan lalu). Mereka kami beri waktu sampai akhir pekan kemarin untuk membongkar sendiri lapak dan bangunannya. Namun dikarenakan sampai hari ini para pemilik lapak dan bangli tersebut mengabaikan peringatan, akhirnya kami bongkar”, ujar Yayan.

Penertiban dilakukan berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Depok Nomor 16 Tahun 2012 tentang Ketertiban Umum.

“Mereka (PKL dan Bangli) menjadi penyebab utama kemacetan di sekitar jalan Sejajar Rel serta menghambat aktivitas truk sampah besar yang akan mengangkut sampah di Pasar Kemiri Muka,” jelas Yayan.

Lebih jauh Yayan mengatakan, semua lapak dan bangunan liar yang ada di pedestrian dan bahu jalan di Sejajar Rel digunakan sebagai tempat usaha, sehingga membuat wilayah di sepanjang jalan itu terkesan kumuh.