SUKMAJAYA, SUARADEPOK.com PDAM Tirta Asasta Kota Depok terus meningkatkan sistem pelayanannya kepada masyarakat.

Berbagai inovasipun terus dikembangkan agar masyarakat semakin mudah mendapatkan informasi yang diperlukan.

Salah satu inovasi terbaru yang saat ini sedang dikembangkan PDAM Tirta Asasta Kota Depok adalah Geographic Information System atau GIS.

“GIS merupakan sistem komputerisasi yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi geografis sesuai lokasinya”, terang Manager Pemasaran PDAM Tirta Asasta Kota Depok, Imas Dyah Pitaloka, Jumat (3/5/2019).

Lebih jauh dikatakan Imas, penerapan GIS dalam pemetaan jaringan pipa PDAM sudah selesai dilaksanakan (100 persen) pada tahun 2018.

Jadi untuk tahun 2019 ini, PDAM Tirta Asasta Kota Depok sudah memulai digitalisasi data-data para pelanggan yang dapat diakses melalui aplikasi sistem GIS tersebut.

“Untuk tahap awal ini, kami masih memfokuskan pemetaan data pelanggan yang berada di area Cimanggis”, ujar Imas.

Sebagai informasi, digitalisasi data pelanggan PDAM Tirta Asasta melalui sistem GIS langsung ditangani oleh Asep Wardana selaku Manajer Teknologi Informasi.

Ke depan, tampilan aplikasinya akan dikembangkan seperti peta satelit yang dapat menunjukkan data status para pelanggan PDAM.

“Nantinya, status pelanggan yang aktif, disegel atau yang diputus akan terlihat di aplikasi tersebut”, tutup Imas. (Mellasari)