Beji dan Limo Paling Rawan, Cilodong Terbaik Soal Kerukunan Beragama

Walikota Depok, Mohammad Idris

BEJI, suaradepok.com – Walikota Depok, M. Idris Abdul Shomad memberikan pujian atas perolehan hasil survei tingkat kerukunan umat beragama di Kota Depok.

“Dari 11 Kecamatan yang ada di Kota Depok, secara keseluruhan sudah bagus. Kota Depok mendapat nilai B. Namun demikian, masih perlu adanya peningkatan untuk beberapa wilayah kecamatan, seperti di Kecamatan Beji dan Limo”, ujar Walikota.

Dikatakan Idris, berdasarkan hasil survei yang dilakukan tim independen dari Universitas Indonesia (UI), Kecamatan Beji dan Limo dinilai paling rawan soal kerukunan umat beragama.

“Yang paling rawan itu ada dua Kecamatan, yakni Kecamatan Beji dan Limo”, kata Idris, Senin (1/10/2018).

Meski tak merinci secara pasti hasil survei yang dikeluarkan UI, Idris mengatakan bahwa Kecamatan Cilodong merupakan kecamatan yang tingkat kerukunan umat beragamanya paling baik.

“Kita secara umum sudah bagus, nilainya B atau tujuh sekian lah. Yang paling bagus Kecamatan Cilodong. Ini survei dari UI ya, bukan pemerintah. UI yang independen melakukan survei kerukunan umat beragama,” jelas Idris.

Lebih jauh orang nomor satu di Kota Depok ini menambahkan bahwa kerawanan beragama di Kota Depok justru terjadi antar sesama pemeluk agama, bukan antar lintas agama.

“Yang rawan justru kerukunan di dalam umat beragama. Jadi tingkat kerukunan umat lintas agama sudah bagus di Kota Depok. Tetapi kerukunan dalam satu agama (internal) masih perlu kita tingkatkan,” pungkas Idris.