Suara Depok

Barometer Informasi Kota Depok

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Wow !!! Pemilik Ruko “Bermasalah” Raup Uang Sewa Ratusan Juta

Wow !!! Pemilik Ruko “Bermasalah” Raup Uang Sewa Ratusan Juta
Ruko tampak dari belakang



TAPOS, suaradepok.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok nampaknya masih lemah dalam melakukan pengawasan terhadap bangunan yang melanggar aturan.

Salah satunya pengawasan di wilayah Kecamatan Tapos, tepatnya di Jalan Raya Bogor, km 38.

Dikawasan ini banyak terlihat bangunan rumah toko (ruko) yang berdiri megah, namun disinyalir telah menyalahi Peraturan Daerah (Perda).

Salah satu kawasan yang jelas terlihat adalah puluhan bangunan Ruko yang berlokasi di Jalan Raya Bogor Km 38.

Bangunan ruko yang lokasinya tepat di seberang hotel Uli Artha ini terlihat bebas beroperasi meski disinyalir telah menyalahi aturan terkait garis sempadan sungai dan garis sempadan bangunan.

Dilihat dari bagian belakang ruko, puluhan bangunan tersebut terlihat berdiri persis di pinggir bibir sungai Kali Baru, dimana seharusnya bangunan memiliki jarak minimal 3 meter dari bibir sungai.

Parahnya lagi, SE, sebagai pemilik dari puluhan bangunan ruko yang di duga menyalahi aturan itu “bebas” menyewakan tempatnya dengan biaya sewa antara Rp 70 juta hingga Rp 180 juta per tahun.

“Ruko ini rata-rata disewakan dengan kisaran 70 juta. Bahkan ada juga yang sampai 180 juta per tahunnya”, ujar salah seorang sumber yang enggan disebutkan identitasnya, Kamis (30/03/2017).

Senada dengan itu, sumber lain juga mengatakan bahwa ada salah satu ruko yang disewakan dengan biaya Rp 15 juta sebulan. Artinya jika dikalkulasi selama satu tahun, penyewa ruko harus membayar sewa sebesar 180 juta pertahunnya.

Yang menjadi pertanyaan, apakah pemilik puluhan bangunan ruko tersebut sudah mempunyai ijin lengkap terkait pendirian bangunan?

Jika sudah memiliki perijinan, termasuk Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), maka pertanyaan berikutnya adalah siapa yang memberikan ijinnya? Pertanyaan ini sangat penting lantaran dilihat dari fisik bangunan, sudah terlihat menyalahi aturan yang berlaku.

Sayangnya, hingga berita ini dibuat, tidak ada satupun dinas / instansi terkait yang berkenan untuk dikonfirmasi terkait hal tersebut.

Apakah Walikota dan Wakil Walikota Depok berani memerintahkan jajarannya untuk bertindak dan terjun langsung ke lokasi? Kita lihat saja tindakan nyata mereka. (fer)

Bangunan ruko tampak dari depan



Tags: , ,

One Response

  1. Dicurigai Ada Unsur Suap, Puluhan Ruko “Bermasalah” di Depan Hotel Uli Artha Segera Disidak | Suara Depok2 April 2017 at 06:11Reply

    […] Ada Unsur Suap, Puluhan Ruko “Bermasalah” di Depan Hotel Uli Artha Segera Disidak31 Maret 2017/221 ViewsWow !!! Pemilik Puluhan Ruko “Bermasalah” Raup Uang Sewa Ratusan Juta15 Maret […]

Tinggalkan Balasan