Pabrik Makanan Olahan Berkedok Home Industri Buang Limbah ke Sungai

oleh
Hengki, orang tua dari pemilik pabrik

Cimanggis, suaradepok.com – Pabrik makanan olahan siap saji yang berkedok usaha rumahan (home industri) di Jalan Mekarsari Raya Blok V No. 10 RT 009 RW 012 Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, Depok ramai dikeluhkan warga.

Pasalnya, pabrik yang memproduksi dan mengedarkan berbagai jenis makanan siap saji seperti Bakso Sapi, Bakso Ikan, Nuget, Otak-otak dan Mie dengan Merk “CM Super Polos” yang diproduksi PT. Selera Prima Food tersebut membuang limbah hasil produksinya ke sungai Kali Baru yang notabene melintasi pemukiman warga.

“Air sungainya sangat bau mas. Apalagi kalau cuaca panas, bau limbah dari pabrik tersebut sangat menyengat”, ujar W, salah seorang warga yang enggan disebutkan identitasnya.

Link Banner

Senada dengan itu, P (50) warga yang tinggal di belakang lokasi pabrik juga mengaku terganggu dengan aktifitas pabrik tersebut. Menurut P, mesin produksi dari pabrik milik Hengki itu sangat bising dan mengganggu kenyamanan istirahat warga.

“Mereka kan membuka usahanya di tengah pemukiman warga. Nah, suara mesin produksinya itu lho, sangat mengganggu sekali”, keluh P saat ditemui suaradepok.com.

Sayangnya, saat suaradepok.com dan beberapa wartawan lain menyambangi lokasi, Adi Kuswadi Wijaya selaku pemilik Pabrik tersebut sedang tidak berada di tempat.

Para awak media hanya ditemui oleh Hengki yang mengaku sebagai orang tua dari Adi Kuswadi Wijaya.

Hengki pun terkesan enggan untuk berkomentar banyak. Namun demikian, Hengki mengaku bahwa tempat usaha yang mempekerjakan ratusan karyawan itu belum mengantongi perijinan resmi sebagaimana mestinya.

“Ya, saat ini kami sedang mengurus perijinannya”, jawab Hengki singkat, Rabu (14/3/2018).

Terpisah, Kepala Bidang Pengawasan dan Pengaduan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Depok, Ahmad Oting berjanji akan segera mengecek lokasi pabrik yang dimaksudkan.

Oting juga terlihat kaget dengan keberadaan pabrik yang beroperasi di tengah pemukiman warga tersebut. Terlebih lagi pabrik yang belum mengantongi ijin berani membuang limbah ke sungai.

“Besok saya akan cek ke lokasi bersama dengan Satpol PP”, tegas Oting saat ditemui di ruang kerjanya.

Hingga berita ini dimuat, belum ada komentar dari Dinas Kesehatan terkait hasil produksi makanan yang dihasilkan oleh pabrik tersebut. Satpol PP, Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) serta Dinas PMPTSP Kota Depok juga belum memberikan informasi terkait perijinan bangunan yang digunakan untuk pabrik makanan siap saji itu. (fer, sa, kris)

Informasi dari warga, Pabrik makanan olahan siap saji milik Adi Kuswadi Wijaya membuang limbah hasil produksinya ke sungai Kali Baru

Bagikan
  • 48
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •