Suara Depok

Barometer Informasi Kota Depok

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Depok Masih Kekurangan Banyak PNS

Depok Masih Kekurangan Banyak PNS
Ilustrasi PNS



KOTA KEMBANG, suaradepok.com – Anggota Komisi A DPRD Kota Depok Rachmin Siahaan mendesak Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk dapat segera menyelesaikan kekosongan jabatan di tingkat Kecamatan dan Kelurahan.

Menurut Rachmin, salah satu penyebab kekosongan itu dikarekan banyaknya Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang pensiun. Kekosongan PNS juga semakin diperparah dengan adanya moratorium dari Pemerintah Pusat pada 2014 hingga 2019, yang menyebutkan Depok tidak bisa menerima PNS.

“Ini harus disikapi. Pemkot jangan diam saja dong,” ujar pria yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Pengurus Anak Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Senin (16/01/2017).

Rachmin menyarankan, Pemkot bisa memaksimalkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada. Dalam hal ini, harus memberikan prioritas bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dikatakan Rachmin, berdasarkan data yang diperoleh dari Seketaris Daerah (Sekda), saat ini Depok kekurangan 5.000 PNS. Dengan total PNS yang bekerja di seluruh instansi mencapai 7.146 orang.

“Berdasarkan pertimbangan analisa jabatan dan beban kerja, Depok masih kekurangan cukup banyak PNS. Sekarang PNS di Depok perbandingannya 1:293 orang,” jelasnya.

Selain itu, di tahun 2017 ini jumlah PNS Depok juga berkurang sebanyak 499 orang dari tenaga guru dan staf tata usaha di Dinas Pendidikan. Sebab, PNS tersebut dipindahkan ke Provinsi Jawa Barat, setelah kewenangan pengelolaan SMA/SMK negeri dialihkan kesana.

“Jika tidak diperhatikan, Komisi A DPRD Kota depok akan segera memangil BKD untuk menyikapi persoalan ini,” pungkas Rachmin. (nie)



Tags: , , , ,

No Responses

Tinggalkan Balasan