Suara Depok

Barometer Informasi Kota Depok

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Anak Anda Belum Punya Akta Lahir ? Urus Disini Aja !

Anak Anda Belum Punya Akta Lahir ? Urus Disini Aja !
UPT Pendidikan Cimanggis



BALAIKOTA, suaradepok.com – Pembuatan akta lahir di Kota Depok kini tidak hanya bisa dibuat di kantor-kantor kelurahan, tetapi bisa juga di buat di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan yang ada di 11 kecamatan se-Kota Depok.

Tetapi, pembuatan akta lahir di UPT Pendidikan ini khusus bagi anak yang sudah duduk dibangku sekolah, namun belum memiliki akta lahir.

Kepala Disdukcapil Kota Depok, Misbahul Munir mengatakan, pembuatan akta lahir di UPT Pendidikan tersebut karena masih banyak anak usia sekolah di Depok yang belum memiliki akta lahir.

“Jadi ini kami lakukan untuk mengakomodir anak-anak yang belum memiliki akta lahir untuk mendapatkan surat yang sah. Sebab kepemilikan akta kelahiran untuk anak usia sekolah adalah bagian upaya kami untuk pelayanan publik,” ujar Munir, Minggu (12/02/2017).

Dikatakan Munir, untuk warga Depok yang anaknya sudah sekolah namun belum memiliki akta lahir, bisa melampirkan atau memberikan berkas yang dibutuhkan untuk pembuatan akta lahir ke sekolah.

Nantinya, lanjut Munir, pihak sekolah akan menyerahkan semua data dan berkas yang dibutuhkan ke UPT Pendidikan di setiap kecamatan.

“UPT Pendidikan di 11 kecamatan telah diberikan akses username dan password untuk mendaftarkan peserta didiknya di data Disdukcapil. Dengan begitu, mereka terdata agar bisa mendapatkan akta kelahiran yang sah dari Disdukcapil Kota Depok,” kata Munir.

Munir berharap, nantinya semua warga Depok memiliki akta lahir yang cukup diperlukan untuk anak dalam pendaftaran di jenjang pendidikan berikutnya serta keperluan lain.

Sampai saat ini, baru ada dua UPT Pendidikan, yakni UPT Pendidikan Cimanggis dan UPT Pendidikan Tapos yang sudah aktif menyerahkan persyaratan pembuatan akta kelahiran ke Disdukcapil.

“Kami mengapresiasi pihak sekolah dan UPT Pendidikan yang turut aktif untuk pendataan akta lahir siswa. Semoga ke depan bisa lebih banyak lagi yang mengurus akta kelahiran lewat UPT Pendidikan ini,” pungkas Munir. (fer)



Tags: , ,

No Responses

Tinggalkan Balasan