CWI Laporkan Kasus Dana BOS ke KPK, Kadisdik Depok Bilang Gini

oleh
Sekretaris CWI, R. Bambang. SS (Tengah) dan Ketua Umum DPP CWI, M.W. Elfatir Lintang (Dua dari Kiri) bersama para pengurus DPP CWI menunjukkan bukti laporan ke KPK
M. Thamrin, Kadisdik Depok

Balaikota, suaradepok.com – Kepala Dinas Pedidikan (Disdik) Kota Depok, M. Thamrin membantah keterlibatan Dinas yang dipimpinnya dalam kasus dugaan penyelewengan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2015-2017 yang telah dilaporkan Corruption Wacth Independent (CWI) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pada Kamis (12/4/2018) lalu.

Dikatakan Thamrin, penyaluran dana BOS di Kota Depok sudah sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 1 Tahun 2018, dimana dalam peraturan itu terdapat petunjuk teknis (Juknis) tentang penyaluran dana BOS sebagaimana dimaksud.

Link Banner

Baca Juga : CWI Resmi Laporkan Kasus Dana BOS Kota Depok ke KPK

“Untuk anggaran pengadaan buku dari dana BOS hanya 20 persen, diantaranya 15 persen untuk buku teks dan 5 persennya lagi untuk buku non teks. Setelah diinput, pemerintah pusat langsung mentransfer dana BOS ke rekening masing-masing sekolah, bukan ke Dinas Pendidikan,” jelas Thamrin, Senin (16/4/2018).

Thamrin mengatakan bahwa laporan temuan dugaan korupsi dana BOS pengadaan buku itu memang pernah disampaikan pihak CWI ke Dinas Pendidikan. Namun ia menyayangkan bahwa lembaga anti rasuah itu tidak bisa menunjukan bukti dan data lengkap terkait sekolah yang melakukan penyelewengan anggaran dana BOS pengadaan buku seperti yang dimaksud.

Thamrin menegaskan, Dinas Pendidikan tidak mungkin memeriksa satu persatu sekolah untuk memastikan bahwa buku-buku sebagaimana dimaksud sudah dibeli atau belum.

“Kecuali sudah ada temuan bahwa sekolah tidak membelikan buku dari anggaran dana BOS, baru bisa langsung ditindaklanjuti. Namun, silahkan saja dilaporkan ke KPK. Tetapi sekali lagi kami tegaskan bahwa didalam hal ini, Disdik hanyalah sebagai pengawas dana BOS,” ujar Thamrin.

Bagikan
  • 77
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •