Kerabat Anda akan Tinggal Sementara di Depok ? Anda Wajib Urus Surat Ini !

oleh

BALAIKOTA, suaradepok.com Warga pendatang baru diwajibkan untuk mengurus Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT) jika ingin menetap sementara di Kota Depok.

“SKTT tersebut diperlukan sebagai data diri sementara selama menetap di Kota Depok,” ujar Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, Diarmansyah, Selasa (3/7/2018).

Sesuai Peraturan Daerah (Perda) Kota Depok Nomor 10 tahun 2015 tentang penyelenggaraan administrasi kependudukan, warga pendatang baru non permanen yang menetap di Kota Depok lebih dari 14 hari wajib memiliki SKTT.

Menurutnya, SKTT dapat memudahkan untuk pendataan dan pengawasan bagi warga pendatang baru.

“Pengurusan SKTT dimaksudkan agar warga pendatang baru tersebut dapat diketahui keberadaannya jika terjadi sesuatu,” terang Diarmansyah.

Lebih jauh dikatakannya, untuk pembuatan SKTT dapat dilakukan di kantor kelurahan. Setiap SKTT memiliki masa berlaku selama enam bulan dan dapat diperpanjang.

“SKTT sekarang sudah bisa diurus di kantor kelurahan terdekat sesuai dengan tempat tinggal, jadi tidak perlu harus ke Disdukcapil,” terangnya.

Dia juga mengimbau agar warga pendatang baru di Kota Depok untuk taat administrasi sesuai dengan Perda yang berlaku di Kota Depok, dimana bagi warga pendatang baru wajib melapor 1×24 jam kepada Ketua RT/RW setempat dan membuat SKTT.

“Sebenarnya tidak ada larangan bagi warga luar daerah yang ingin menetap di Depok, yang penting harus taat administrasi. Kalau yang ingin menetap secara tetap harus membawa surat pindah, yang mau menetap sementara harus mengurus SKTT,” pungkas Diarmansyah.

Bagikan
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •